Wednesday, July 08, 2009

Dinamika Seputar PilPres

Sebenearnya rada bingung juga mau nulis di mana. AKhirnya, nulis di sini aja dech...
Baru sempet googling hari ini...
menurut situs ini jumlah penduduk Indonesia 227 juta jiwa

Dan menurut situs yang ini ada sebanyak 176,3 juta DPT

Artinya ini sudah 77.7% penduduk Indonesia yang memiliki hak pilih.

Siapa yang memiliki HAK PILIH
1. Setiap penduduk Indonesia yang sudah berumur min. 17tahun
2. Setiap penduduk Indonesia yang sudah menikah (walaupun belum berusia 17tahun)

Sayangnya saya tidak menemukan data berapa banyak penduduk Indonesia yang berusia di bawah 17tahun.
tapi artinya 50,7jt jiwa penduduk Indonesia belum memiliki hak pilih.

masih menurut data dari situs ini, katanya setiap tahun penduduk Indonesia rata-rata bertambah 3,2 juta jiwa.

Kalau kita pakai perhitungan rata-rata, artinya penduduk Indonesia yang berusia di bawah 17tahun, sekitar 50jt jiwa.

Mirip ya... sama hasil DPT yang dikeluarkan oleh KPU.

Terus yang dibilang banyak pemilih yang belum masuk DPT itu datanya dari mana?
atau pertanyaannya harus saya ubah, KPU ambil data DPT dari mana?
Soalnya banyak juga teman-teman saya yang teriak-teriak belum terima surat undangan pemilih, sementara telah memenuhi syarat berusia min. 17tahun ataupun sudah menikah.

Sekarang jadi SUPER BINGUNG!!!
tapi biar githu, saya sudah menggunakan HAK saya untuk memilih...

0 comments: