Tuesday, February 12, 2008

Bingung pilih sekolah

Hmm, Bunda lagi kebingungan nie...
Apalagi kalo bukan soal sekolah-nya aKia. Karena aKia umurnya nanggung banget, ditahun ajaran baru nanti baru 3thn 9bulan.
Artinya... kalo merunut ke depan nantinya, dengan skenario saat ini di umurnya yang ke 5tahun 9bulan bakalan lulus dari TK.

Nah... nah... problem baru timbul. Sekarang untuk masuk SD Negeri Percontohan at least umur anak kudu 6 tahun per Juli, udah gak bisa dech kongkalingkong macem dulu... (Dulu Bunda masuk SD umur 5tahun 5bulan)

Berdasarkan referensi yang pernah Bunda baca, kematangan psikologis anak itu ordenya bulan, jadi lebih baik untuk menunda usia sekolah.

Masalah yang lain...
Sekarang, aKia sekolah di deket rumah. Biaya-nya sih alhamdulillah terjangkau banget, waktu itu alasan Bunda masukin aKia ke sini, supaya ada aktivitas aja. Secara umur-nya emang belum usia sekolah. Buat main-main ajalah... Tapi in the end ternyata anaknya cukup enjoy ama sekolah... jadi selalu menunggu waktu berangkat sekolah.

Akhirnya... sekarang Bunda bingung. Secara progress aKia di sekolah cukup baik. Dilihat dari kemampuan berinteraksi, mengikuti perintah guru, hingga penilaian guru di semester kemarin semuanya cukup memuaskan dech...
Tadinya... Bunda bertekad baja untuk mengulang play group lagi tahun ini, tapi dengan indikator yang disebutin tadi... kok niatnya malah mengendur ya...

Beberapa pilihan hasil diskusi dari mana-mana:
1. Ikutin aja playgroup lagi, tapi pindah sekolah (kalo pidah sekolahnya Bunda setuju, tapi ulang playgroups atau masuk TK ya?)
2. Berenti aja tahun ini, ikutin berbagai kursus mulai dari bahasa inggris, kumon, menggambar, menari (pokoknya kursus yang mengasah kemampuan anak). Keberatan Bunda yang satu ini, menata waktu-nya sedikit sulit. Maksud Bunda dengan sekolah, artinya aKia punya waktu tertentu untuk bangun pag, mandi, siap-siap sekolah... sedangkan waktu kursus biasanya sore, saat aKia udah capek beraktivitas dan siap bobo siang. (Huaaaa pusiiiing!!!)

Ada yang mau sharing gak???

4 comments:

geka said...

Ini memang pemikiran yang cukup rumit , tapi sebenarnya apapun pilihannya nanti, harus bisa membuat Akia senang dan semangat sekolahnya :)

Anonymous said...

Nggak terasa ya Akia sudah gede , cepet banget *habis nggak nyanding sih daku*. Selamat mencari sekolah deh, aku nggak bisa share, secara dulu Reza masuk TK juga 3th 10 bulan, dan masuk SD bolak balik ditolak karena umurnya kurang he..he...

DeA Haryono said...

guskoko:
Iya Gus... yang namanya pilih sekolah aja, sampe diskusi panjang bangeeeet... sampe sekarang walopun kandidat makin sempit, teuteup belum ada yang final...

ani:
Iya nie mbak... jadinya cuma beda setaun ama adiknya...
taun depan akia masuk TK, aric masuk PG.
udah tua ternyata, sebentar lagi... udah ada yang ajak ng-date...

Anonymous said...

Haloo bunds..., sama seperti anakku yg pertama juga gitu, berhubung anak pertama pengalaman juga masih sedikit jd ku masukkin SD aja dgn harapan mudah2han si anak bisa mengikuti kegiatan sekolahnya krn klo mesti tinggal di TK lagi kasian takut si anak berkecil hati karena teman2nya sdh pada lulus semua sedangkan dia koq msh disitu!?. Dan berdasarkan informasi dari kepsek TKnya biasanya ada anak yg dipaksakan masuk SD dlm usia muda ketika beranjak kls.3 atau 4 SD dia akan mandek dan menurun??...Hmm?? apakah benar???, kata terakhir itulah yang membuat saya ragu, akhirnya saya paksakan dia masuk SD juga...dan ternyata???...Huh!...benar juga apa kata kepsek TKnya ..hik..hik...penyesalan datang belakangan..., disaat dia kls.3 mulailah agak menurun sampai saya harus memberikan ekstra perhatian kepadanya untuk bisa giat lagi dlm belajarnya, dan sekarang si kakak sdh duduk di kls.4SD mau naik ke kls.5, Tapi sepertinya klo sekarang sistemnya beda jd masuk SD kudu usia 7th kurang dari itu (no tawar menawar..hehehe)..Hm..semoga saja pengalaman berharga ini bisa menjadikan suatu contoh bagi bunda2 muda ya....