Tuesday, February 05, 2008

Jangan Ngukur baju di badan sendiri doonk!!!

Dalam menjalani hidup, nyaris mustahil untuk menghindari interaksi dengan individu lain. Nah, dalam berinteraksi ini pastinya sering terjadi gesekan-gesekan yang menimbulkan tanda tanya di hati.

Mau gimana lagi, wong banyak banget orang di dunia ini, dan gak semuanya bisa kita mengerti... Ada yang dengan bersemangat bilang, "Gw udah banyak baca info seputaran kadar kaporit dan gunanya untuk kolam renang. Gw rasa, anak gw sakit karena kolam di sekolah cuma pake air PAM" (glek, Bunda cuma senyum... abis yang sakit anaknya doank, sementara anak-anak lain sehat wal'afiat)

Ada lagi yang pernah minta bantuan Bunda untuk nyari orang via internet, info yang dikasih cuma nama anaknya dan dulu anaknya lulusan sekolah X. (bunda bengong... bingung buat kasih jawaban)

Teman lain, selalu menghubungkan sesuatu dengan berapa besar rupiah yang bisa dihasilkan atau harus dikeluarkan jika minta tolong sesuatu, menurutnya gak ada dech tuh namanya FREE LUNCH (bunda berusaha maklum, tapi gak semua hal bisa diukur ama rupiah kan...)

Yang lain, tiap kali Bunda bawa makanan baru... "Jual aja lagi, titipin aja ke tempat X kayak gw." Gak cuma sekali, tapi tiap kali Bunda bawa menu baru, sampe pernah Bunda gondok, akhirnya Bunda bilang begini, "Makanan model gini, mau dijual harga berapa?"
Ny. X bilang, "Jual aja sekian rupiah?"
Bunda bales, "Coba hitung ya... ini yang gw keluarin buat tuh masakan... kira-kira harga segitu nutup gak sih?"
Since then... Ny. X gak pernah ganggu Bunda tentang jual-jual makanan lagi. Duh... Bunda bukannya gak pengen jualan makanan, sekali dua pernah juga terlintas niat untuk itu (hehehe) tapi semua ada pasarnya. Misal nie, untuk pasar A, kita pake bahan X; untuk pasar B, harus bahan Y yang dipake.

Ada lagi yang mengukur hidupnya dengan keberadaan selembar kertas yang dikasih nama curriculum vitae, berapa banyak proyek yang ditangani, berapa besar jumlah dollar yang terkumpul di rekeningnya.

Sampe Bunda pernah bilang sama Yanda, "Mas... kalo ada orang yang bertanya bagaimana aku mengukur suksesku. Aku jawabnya gimana ya?"
Yanda, lagi-lagi gak pernah bosen menjawab pertanyaan2 Bunda yang kadang oon dengan jawaban yang cukup bijak, "Ya balik lagi donk Bun... tujuan-mu selama ini apa?"

Hmm, emang susahnya bergaul sama orang...
Seringkali kita menilai dan memberi label orang menurut cara pandang kita. Ngukur baju di badan sendiri, kata orang tua dulu... Seharusnya kita sebagai makhluk sosial lebih pandai berempati.

Padahal walopun rambut boleh sama hitam, tapi pikiran kan punya masing-masing ya...

4 comments:

Widya Puteri said...

bener banget bunda.. anak kembar aja isi otaknya beda-beda.. apalagi beda ibu, beda lingkungan tumbuh, beda ula pola pikirnya.. tapi satu yang sama.. semua sama-sama amkhluk Allah, bukan begitu bukan bunda? hehhehee..

DeA Haryono said...

ho oh jeng wid... tepat sekali:-)

asrita said...

jangankan orang laen de..aku aja sering ngebandingin 'sukses' kedua anak ku. kok si adek gk bisa ya, padahal mas waktu seusia adek udah jago. ato..kok mas kalah ya ama adeknya, adeknya udah gaya kupu kok mas gilang gaya bebas aja masih salah nafasnya..yang gitu2 deh de..walopun brusaha (dan berdoa) biar gk kejadian lagi(ngebanding2in lagi) tapi kadang teteup kejadian juga...

geka said...

Perbedaan pasti ada di mana2 dan syah2 saja, asal jangan kelewatan aja :)