Monday, February 04, 2008

Pepes Ikan Mas Duri Lunak

Setelah hari sabtu berkutat ama masakan, hati Bunda nie... belum puas juga:-) Bunda kepengen banget bikin Pepes Ikan Mas. Malem-nya cari-cari resep di buku-buku yang ada di rumah kok gak nemu, akhirnya tanya ke Om Google.

Sama Om Google disuruh mampir ke rumah mb'Femmy. Begitu baca resep-nya, Bunda langsung sreg.

Ini Bunda copy-paste:
Description:
Source: Santap edisi istimewa
Menu paling dicari di resto gaya Pasundan. Kunci melunakkan duri adalah dengan mengukus pepes selama 6 jam. (Kalau menurutku: bisa sampai 10 jam tapi dengan api kecilllll banget supaya bumbu lebih meresap sehingga rasanya hmmmm uenakkkk). Kalau pakai presto ISA, kurang lebih 2 jam. (Pake Iyashi cukup tekan bean/sirloin 1x untuk ikan kecil. Kalo ikannya besar harus 2x)

Oya, sama Bunda dimodif juga, kelirnya ungu ya hasil modif Bunda...

Ingredients:
2 ekor ikan mas @300 gram (bisa juga bandeng)
1/2 buah nanas, parut (5buah jeruk limau ukuran sedang)
1 1/2 sdt garam
60 lembar daun kemangi
2 buah tomat merah, iris tipis (tomatnya dibagi 6/8potong tergantung ukuran)
8 lembar daun salam ukuran kecil
6 batang serai, potong 5 cm dan belah dua, memarkan
300 gram daun bawang, iris kasar
daun pisang untuk membungkus
lidi untuk menyemat

Bumbu halus:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri (disangrai)
6 buah cabai merah
6 cm kunyit (2cm kunyit, Bunda gak suka baunya...)
2 cm jahe
2 cm lengkuas
2 sdt garam

Directions:

  • Lumuri ikan bagian dalam dan luar dengan nanas dan garam, diamkan selama 30-60 menit agar ikan cepat lunak. Sisihkan. Bilas dengan air mengalir. Keringkan ikan dengan tisu dapur atau kain bersih.
  • Ambil 3 lembar daun pisang ukuran 35 x 40 cm. Taburi bagian tengah daun dengan daun kemangi, tomat, daun salam, serai dan daun bawang. Taruh seekor ikan yang sudah dilumuri 1/2 bagian bumbu halus (isi bagian perut ikan dengan bumbu halus dan bumbu iris).
  • Taburi lagi bagian atas ikan dengan daun kemangi, tomat, daun salam, serai dan daun bawang.
  • Lipat bagian kanan dan kiri daun. Semat kedua ujungnya dengan lidi. Lakukan langkah yang sama pada ikan yang satu lagi.
  • Kukus pepes dalam dandang dengan air mendidih selama 6 jam dengan api sedang sampai duri ikan lunak. (karena masuk presto iyashi, Bunda kasih air kurleb 100cc dalam presto plus 5batang serai (digeprek) dan 5lbr daun salam.)
  • Siap dibakar.
Karena mau bagi-bagi tetangga sesama korban banjir:-) Bunda beli ikan 10ekor (kurleb 2.5kilo dech...). Masak besar nie Bunda... Jadi resep di atas, kira-kira dikali 5 dech...

Perkiraan waktu: Pulang dari pasar jam 9, selesai masak jam 1siang (lagi-lagi... tx to Iyashi.) masak segitu banyak, kudu 2x naik tuh. Panci Iyashi-nya cuma bisa menampung 5ekor ikan yang sudah dibungkus daun.

1 comments:

Ani said...

Mau dong pepes ikannya, hmm...pasti yummy !