Monday, February 04, 2008

Persiapan Banjir

Siapa yang gak panik sama hujan terus menerus mulai kamis (31 Jan 08) malam kemarin. Berbekal pengalaman tahun lalu, waktu lihat air di selokan udah sama rata dengan jalan. Bunda langsung telpon Yanda ke kantor (waks, gak diangkat lagi meeting kayaknya...). Karena gak bisa telpon, akhirnya Bunda cuma berharap hp Yanda on dan bisa terima sms dari bunda yang isinya: "Mas, air selokan udah meluap."

Waktu hujan deras itu, Bunda masih asyik YM-an ama temen-temen, kebetulan juga Jum'at emang gak ada kegiatan yang mengharuskan kami keluar rumah. aKia sekolah senin-kamis aja.

Akhirnya, gak lama delivery message keterima, telpon rumah berdering. Yanda telpon, nanya sejauh mana perkembangan persiapan menuju banjir. Yanda pulang abis Jum'at-an.

Bunda mulai beberes ini itu, CPU langsung ditongkrong-in di atas meja. Buku-buku dinaikin ke atas, begitu juga kasur di kamar anak-anak. Dapur??? Sebagian peralatan perang Bunda dimasukin kardus, terus ditaruh di atas kursi.

Yanda terjebak macet di pintu masuk tol dalam kota. Maklum dech, arah cawang kan macet total. Berangkat abis jum'atan, sampe rumah udah hampir jam 3sore. Padahal, kalo sama taxi biasanya cuma 30-45 menit dech...

Yanda sampe rumah, air di jalan udah lewat mata kaki.

Abis makan, kita beberes lagi... merasa udah beres semua, kita ajak anak-anak nonton film di kompie. Selama beberes, mereka cukup semangat untuk membantu, alias kalo Bunda-Yanda mulai keliatan gotong-gotong, mereka merapat bikin ribet jalan. hihihi...

Malem-nya Bunda bola-balik ke bangun, bukan apa-apa... selain takut jatuh, Bunda & anak-anak tidur di atas sofa yang ditaruh di atas tempat tidur (kan tinggi banget tuh jadinya...), Bunda memantau perkembangan kenaikan air...

Alhamdulillah sampe pagi-nya air cuma sampe depan pagar rumah aja...

Sabtu pagi, takut banjir makin tinggi... Bunda ke pasar, belanja bahan makanan yang bisa dimasak kalo nanti tiba-tiba lampu mati.

Alhasil hari Sabtu, Bunda berhasil masak...
Ikan Tuna bumbu rica-rica, Opor ayam, dan Ayam ungkep yang siap digoreng.
Thx to Iyashi... Bunda gak perlu lama-lama berkutat di dapur, cuma berbekal press trus tinggal main sama anak-anak mateng dech...

Sekarang, semua ada di freezer. Ya, gak ada salahnya kan siap-siap...

Oya, alhamdulillah hari Minggu sore air di jalanpun udah surut. Dan pagi ini (Senin), air di selokanpun udah kembali dalam posisi normal.

2 comments:

geka said...

Mestinya ada "banjir warning system" ya di setiap RT/RW, misalnya kentongan ; tok tok tok, air naik sekian cm dst dst.

DeA Haryono said...

good idea tuh Gus...
jadi ada early warning system swadaya masyarakat ya...